25-11-2022 14:04

AMANKAH OLAHRAGA SAAT PERUT KOSONG?

Olahraga saat perut kosong biasa disebut dengan fasted cardio. Daripada olahraga dengan perut terisi, fasted cardio diyakini lebih cepat membantu penurunan berat badan. Oleh karena itu, banyak orang menerapkan teknik ini guna mendapatkan berat badan ideal.

Saat perut kosong, tubuh akan menggunakan cadangan makanan untuk diolah menjadi sumber energy. Awalnya tubuh akan memanfaatkan cadangan karbohidrat, kemudian membakar cadangan lemak.

Saat berolahraga dengan perut kosong, harapannya adalah cadangan lemak akan dibakar sebagai energy sehingga bisa mengurangi timbunan lemak dan mengurangi berat badan. Namun ternyata tidak ada perbedaan jumlah kalori yang terbuang dan lemak yang terbakar saat seseorang berlari selama 60 menit dalam keadaan perut kosong atau tidak.

Resiko olahraga saat peut kosong ;

  • Meningkatkan resiko terjadinya hipoglikemia (rendahnya kadar gula darah) yang dapat dikenali dengan keluhan : pusing, mual, gemetar, bahkan pingsan.
  • Menurunkan stamina, sehingga menyebabkan mudah lelah dan tidak kuat olahraga lama.
  • Olahraga saat perut kosong juga dapat meningkatkan nafsu makan setelahnya, dan dapat membuat makan lebih banyak daripada biasanya, sehingga beresiko berat badan naik.

Walaupun ada efek negative yang dapat timbul, olahraga dengan perut kosong sebenarnya juga tidak sepenuhnya berbahaya. Hal ini sangat tergantung dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. Jika hanya berjalan santai atau berlari – lari kecil dalam waktu singkat, olahraga saat perut kosong masih tergolong aman. Namun jika melakukan olaraga berat dengan durasi yang lama, sebaiknya makan lebih dahulu untuk mencegah munculnya resiko yang telah dijelaskan.

Ketika ingin mengisi perut sebelum berolahraga, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu :

  • Makanlah 2 – 3 jam sebelum olahraga dan pilihlah makanan yang sehat, jangan lupa juga untuk cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih.
  • Jika hanya memiliki jarak waktu yang pendek sebelum berolahraga, pilihlah makanan yang lebih ringan, seperti roti tawar, energy bar, atau buah.

Berolahraga saat perut kosong tidak sepenuhnya salah, tapi manfaatnya masih belum jelas dan ada resikonya jika tidak dilakukan dengan berhati – hati. Oleh karena itu, jika ragu atau memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

Sumber :

Wallis, G.S. & Gonzalez, J.T. (2019). Is Exercise Best Served on an Empty Stomach? Proceedings of the Nutrition Society, 78(1), pp. 110–117.
Kormos, W. Harvard Health Publishing (2017). Harvard Medical School. Are there any Benefits to Exercising on an Empty Stomach?
Cronkleton, E. Healthline (2018). Is It Safe to Work Out on an Empty Stomach?
Leal, D. Verywell Fit (2021). Does Fasted Cardio Lead to Greater Weight Loss?
Ramnarace, C. WebMD. Can I Work Out On an Empty Stomach?