One Stop Healthcare solution

Monday - Saturday 08:00 - 21:00

Sunday - CLOSED

(021) 29666764 / 081398088221

info@vivamedika.co.id

Apartment Centro City

Jakarta

Archives

KANKER USUS BESAR

Kanker usus besar bisa diidap segala usia, terutama yang berumur di atas 50 tahun. Penderita kanker usus besar biasanya akan merasakan gejala yang mirip dengan penyakit wasir, seperti mengalami pendarahan ketika buang air besar.

Untuk mengetahui seseorang terkena kanker usus besar, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan sederhana dengan cara mengecek kondisi anus pasien guna melihat adanya pembengkakan. Pemeriksaan tersebut juga bisa menggunakan alat berbentuk selang kecil yang dilengkapi lampu dan kamera di ujungnya, yang disebut sigmoidoskopi.

Alat yang tersambung dengan monitor tersebut dimasukkan ke usus besar melalui anus. Lewat monitor, dokter bisa melihat apakah ada tanda-tanda kanker usus besar. Selain sigmoidoskopi, juga ada beberapa pemeriksaan lain yang dapat dilakukan, yakni kolonoskopi, barium x-ray, dan PET scan.

Untuk kolonoskopi, proses pemeriksaan hampir sama dengan sigmoidoskopi, tetapi selang yang digunakan lebih panjang sehingga mampu menjangkau usus besar lebih dalam. Biasanya, prosedur menggunakan kolonoskopi berlangsung selama 30-60 menit tanpa rasa sakit.

Kebanyakan penyebabnya karena gaya hidup dan pola makan yang salah. Jika urusannya dengan kanker usus, penyebabnya termasuk:

*Pola makan tinggi lemak jenuh dan rendah serat
*Gaya hidup tak sehat
*Obesitas
*Kegemukan
*Merokok
*Konsumsi alkohol berlebihan
*Usia tua
*Keturunan
*Polip di anus atau bagian bawah usus besar
*Riwayat masalah usus atau penyakit Crohn

Gejala yang paling umum adalah:

*Sering buang air besar
*Sembelit
*Diare
*Darah di kotoran
*Perut selalu terasa penuh meski sudah buang air
*Kembung
*Merasa kenyang padahal belum makan
*Rasa sakit tak jelas di perut
*Rasa lelah dan lesu tanpa alasan
*Berat badan turun tanpa alasan
*Muntah
*Benjolan di perut atau saluran pembuangan, setelah diperiksa dokter
*Kekurangan zat besi pada laki-laki atau pascamenopause pada perempuan

Untuk mengatasi kanker ini ada beberapa pilihan perawatan, tergantung pada banyak hal, misalnya stadium kanker, lokasi persis terjadinya kanker, juga usia. Beberapa pilihan perawatan yang bisa dilakukan adalah:

*Operasi
Penanganan ini adalah yang paling umum pada kanker usus besar, biasanya untuk membuang polip atau bagian usus yang terserang kanker. Bila terdeteksi awal, operasi bisa menyembuhkan kanker usus secara total.

*Radioterapi
Menggunakan sinar radiasi dengan energi tinggi untuk membunuh sel-sel kanker dan mencegah sel-sel itu menyebar dan berkembang biak.

*Kemoterapi
Menggunakan obat-obatan kimia yang keras untuk merusak sel-sel kanker dan bisa juga digabungkan dengan perawatan yang lain.

 

SELALU BERSYUKUR, BERFIKIR POSITIF DAN PILIHKAN MAKANAN YANG BAIK UNTUK TUBUH ANDA

MAKANAN YANG KITA MAKAN HANYA BEBERAPA DETIK DI LIDAH RASA NYA, TETAPI APABILA SUDAH DI DALAM PERUT ITULAH YANG MENCERNA MAKANAN ANDA